Jumat, 25 Agustus 2023

Tema    : Berprestasi dan Go Internasional Berkah Menulis

Resume : 27

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Rabu, 23 Agustus 2023

Narasumber  : Rita Wati, M.Kom

Moderator     : Nur Dwi Yanthi, M.Pd


Setiap orang tentu mengidamkan berprestasi dan sukses.

Sukses keluarga, sukses karir dan yang terakhir adalah sukses di dunia dan alam akhirat.

Jalan untuk menuju kesuksesan beragam rupa. Tapi ada satu warna yang sama. Jalan untuk menuju prestasi dan kesuksesan tidaklah lurus dan bertabur bunga.

Menanjak, menukik turunan terjal. Semua membutuhkan usaha berpeluh lelah.

Malam ini bersama Cikgu Rita, Guru SMPN 2  Mendoyo, Jembrana, Bali telah membuka wawasan kita sebagai guru milenial. Prestasi Cikgu Rita dari tingkat nasional sampai kesempatan belajar di Harvard dan Volunteer AIV, Korea Selatan menunjukkan guru harus selalu mempunyai semangat membara dalam meningkatkan kompetensi diri. Sudah selayaknya, sebagai guru di era digital 4.0 dan society 5.0  'melek' perkembangan digital dan pendidikan agar dapat berkontribusi positif dan menjadi guru pembelajar sepanjang hayat. Bagaimana Cekgu Rita memulai kariernya menjadi Cekgu Milenial? Cekgu Rita mengibarkan bendera kesuksesan dan prestasi lewat jalan MENULIS.

Perjalanan Awal Cikgu Rita 

Awal mula ketertarikan Cikgu Rita dengan menulis sudah cukup lama sejak 2 dekade lalu tahun 2001 di awal menjadi mahasiswa. Karena pada saat itu beliau berteman dengan seorang penulis yang telah menerbitkan buku. Akan tetapi, beliau tidak tahu Mau menulis apa dan Bagaimana cara memulainya. Sehingga keinginan tersebut hanya keinginan yang terpendam tanpa dieksekusi.

18 tahun kemudian di tahun 2005, keinginan itu mulai menggebu kembali, saat itu beliau tidak terlalu aktif mencari tahu group belajar menulis/ kelas menulis karena pada saat itu tidak seramai sekarang pelatihan menulis. Akhirnya, beliau menulis apa yang ada di pikiran dan berhasil menghasilkan beberapa cerpen dan puncaknya ingin membuat novel dan telah berhasil sebanyak 80 halaman. Akan tetapi lucunya ketidakpedean belaiu mengalahkan cita-citanya, beliau tidak berani tulisannya dibaca oleh orang lain. Sehingga tulisan itu diendapkan di Hidden folder.

Akhirnya PANDEMI DATANG. dan bertemulah dengan Kelas Belajar Menulis yang membuka cakrawala beliau karena bertemu dengan Narsum Hebat Hingga mendapat kesempatan menulis duet bersama Prof Richardus Eko Indrajit. Mulai pertemuan ke-6 KBMN, beliau mulai berpikir bagaimana caranya membuat resume yang menarik tidak hanya copy paste hasil olah kata sendiri.

Nah ketika beliau menulis dengan hasil olah kata sendiri, justru dishare oleh Om Jay. Sejak saat situ semangat menulis beliau semakin menggebu  hingga selesai 30 kali pertemuan dan mulai diajak menjadi Kurator oleh bu Kanjeng.

Hingga saat ini beliau telah berhasil menerbitkan 4 buku solo, 1 buku duet  bersama Prof Ekoji yang diterbitkan di penerbit Andi dan 10 buku antologi di mana 5 antologi beliau yang menjadi kurator serta editor lapis pertama dan 3 editor buku fiksi berupa cerpen dan novel karya peserta Belajar Menulis. Karya yang terbaru beliau berkesempatan untuk menulis buku Biografi Kepala BI Wilayah Bali Nusra.

Motivasi Cekgu Rita

Ketika semangat itu sedang tumbuh maka manfaatkanlah dengan maksimal. Itulah pesan Cekgu Rita dalam menulis. Beliau bisa menyelesaikan S2 dalam 3 semester dengan dibarengi kepadatan kegiatan karena kampusnya menyediakan Thesis Jalur Lomba dengan Jurnal Publikasi. Beberapa kali menjuarai blog sehingga beliau mengajukan thesis lewat jalur lomba.

Ada beberapa motivasi dari Cekgu Rita:

1. Manfaat Menulis. Ada beberapa manfaat menulis yang bisa dirasakan oleh penulis.

2. Tujuan Menulis. Bagi penulis, tujuan menulis merupakan ruh dari menulis itu sendiri. Tentukan tujuan kita masuk dalam kategori yang mana ketika kita mulai menulis. 

3. Tips Menulis. Setelah kita menentukan tujuan menulis, langkah selanjutnya adalah mencari sumber tentang tips-tips menulis. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga konsistensi dalam menulis.
Cekgu Rita menjadi kapsul motivasi tersendiri ketika kita membaca perjalanan prestasinya. Kita bisa mengenal lebih dalam dengan Cekgu Rita melalui :
https://linktr.ee/cikgumilenial?fbclid=PAAaan473s_cSmQlCCMva4WOEBqpTZKRynKFS8jSRdi6PnPmGuGKViidmNZws
Satu pesan dari Cekgu Rita, 'Jangan lelah menulis dan terus menulis.'



Salam Literasi



5 komentar:

  1. Over all resumenya sudah apik, mengalir , masukannya manfaatkan link , gambar dan video yang nasum berikan sehingga resume menarik dan materi terlihat padat. untuk memasukkan link caranya https://www.youtube.com/watch?si=qCm6mM2UnmjPra1t&v=iGlVrcRUdn0&feature=youtu.be

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak ilmunya ibu...

    BalasHapus

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...