Rabu, 30 Agustus 2023

Kumpulan Cerita 5B tentang Pengolahan Sampah

Tema : Pengolahan Sampah Organik dan Nonorganik

Kelas : 5B

Hari, tgl : Rabu, 30 Agustus 2023


Projek P5 kelas 5 SD Waskito tahun pelajaran 2023/2024 membuat cerita nonfiksi tentang pengolahan sampah organik dan non organik. Projek ini mempunyai relevansi dengan kondisi sekolah bahwa:

  • Peserta Didik SD Waskito adalah siswa memiliki latar belakang yang kreatif dan inovatif, sehingga dibutuhkan sebuah kegiatan untuk mengasah kemampuan mereka.
  • SD Waskito memiliki fasilitas sumber baca dan IT yang mendukung pengembangan literasi.
  • SD Waskito menjalin kolaborasi dengan wali murid dan tim Penulis KBMN PGRI yang mendukung terwujudnya kumpulan cerita siswa dalam bentuk buku antologi.
Pada salah satu linimasa kegiatan projek ini adalah menggali potensi menulis setiap hari. Dengan kegiatan ini, siswa akan terbiasa menuangkan ide-idenya dalam bentuk tulisan. Beberapa paragraf yang dibuat merupakan awal menggali potensi. Apapun yang ditulis merupakan karya hebat dari siswa-siswi 5B dalam mengembangkan menulis.
"Menulislah setiap hari. Buktikan apa yang terjadi".
Be
Berikut merupakan hasil karya awal menggali potensi siswa-siswi 5B. Saran dan masukan sangat mendukung semangat dan karya murid kita.

"

1. IHSAN AYDIN DHIAURRAHMAN

                                                                    Pantaiku

Saya bernama Farel.saya tinggal di bali. Saya pernah mengikuti kerja bakti. Kerja bakti yang pernah saya ikuti yaitu membersihkan pantai. Saya mengikuti kerja bakti tersebut karena pantai tersebut banyak sampah yang berserakan. Sampahyang berserakan atau menumpuk akan menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga dapat mancemari udara sekitar. Sampah yang membusuk dapat mengundang nyamuk atau serangga lainnya. 
              Saya dan teman-teman saya langsung membersihkan sampah-sampah di pantai tersebut. Saat pantai tersebu sudah bersih, tiba-tiba datanglah truk pengangkut sampah untuk mengantarnya ke pengolahan sampah agar bisa menjadi barang yang berguna misalnya, daun.jika diolah bisa menjadi pupuk kompos.
             Sampah mempunyai dua jenis yaitu sampah organik dan sampah nonorganik. Dua sampah tersebut mempunyai perbedaan. Sampah organik adalah sampah dari tumbuhan seperti daun, bunga,dan sayuran. Sampah nonorganik adalah sampah dari benda-benda seperti kaleng, botol, dan kardus.

2. ANJANI APRILIA PUTRI SIMATUPANG

                                                      Bank Sampah

Pada suatu hari ada anak bernama Sera, ia selalu mengumpulkan sampah untuk bank sampah. Ia setiap melihat seperti botol plastik dan kardus, selalu ambil dan kumpulkan ke dalam rumahnya. Apasih bank sampah? Apa fungsi bank sampah? Bank sampah adalah tempat menaruh banyaknya sampah dan bisa didaur ulang. Fungsi bank sampah adalah menyimpan dan menimbang sampah rumah tangga.
         Sampah di bagi dua yaitu sampah organik dan onorganik. Dua jenis sampah itu bisa di daur ulang loh. Seperti onorganik bisa didaur ulang menjadi pot yang terbuat dari botol plastik, kaleng yang bisa menjadi kompor darurat. Tetapi Sera tetap saja melihat sampah yang berserakan di kompleknya maupun di pinggir jalan, Sera tidak diam saja. Ia membuat surat-surat untuk warga sekitar agar buang sampah pada tempatnya. Selesai Sera membagikan surat-surat kepada warga sekitar, lalu beberapa hari kemudian ia melihat kompleknya yang bersih dan tidak ada sampah yang berserakan.
 
3. DAVIN PUTRA FEBRIANTO

                                                    Membersihkan Sampah di Rumah
Saya seorang siswa SD kelas 5B. Nama saya Davin.Setiap hari, di rumah, saya selalu membersihkan sampah seperti sampah kertas, sampah bekas debu , dan lain-lain. Saya kalau menemukan botol, kardus selalu mengolah sampah-sampah itu seperti botol bisa menjadi celengan, pot unik untuk menanam tumbuhan.
         Davin mengadakan kerja bakti di rumah bersama Ayah, Mamah, dan Kakak untuk membersihkan sampah botol, sampah kertas dan sampah bekas tisu. Sampah memiliki dua jenis yaitu, sampah organik dan sampah nonorganik,Sampah organik contohnya seperti daun, ranting, kayu, dan lain-lain. Sampah nonorganik contohnya seperti botol, kardus, kaleng dan lain-lain.
         Sampah yang memiliki dua jenis itu bisa dimanfaatkan seperti sampah organik contohnya daun untuk pupuk kompos, sampah nonorganik contoh botol bekas menjadi celengan.`Bahan pengolahan botol bekas menjadi celengan. Bahan-bahan membuat celengan dari botol bekas adalah siapkan botol bekas, cat warna, gunting. Cara membuatnya botol bekas dengan dipotong menggunakan gunting potong  botol menjadi lubang untuk memasukan uang ke botol, setelah dipotong berikan warna untuk mempercantik celengan jika sudah tunggu hingga mengering, jika sudah celengan yang terbuat dari botol siap digunakan untuk menabung. Mengapa sampah harus diolah? karena sampah tidak diolah akan membuat penumpukan sampah maka dari itu kita harus mengolah atau membuat sampah menjadi maha karya untuk mengurangi penumpukan sampah.

4. SAKHA DAMAS IZZUDDIN
                          Ihsan yang Pintar
Ihsan sangatlah pintar dengan menjaga lingkungan sekolah dengan cara membedakan sampah organik dan non organik. Sampah non organik yang berasal dari buatan-buatan manusia. Penguraian sampah non organik lebih lama dari sampah organik dikarenakan sampah non organik diproses lebih lama.

      Sampah organik berasal dari tumbuhan. Sampah organik lebih cepat dileburkan. Ihsan melihat Farellino kebingungan membuang sampah plastik. Farellino juga melihat Ihsan dan Farellino pun menemui Ihsan dan bertanya kepada Ihsan. Ihsan kalau sampah plastik dibuang ke sampah organik atau nonorganik?
      Ihsan pun menjawab dan memberitahukan kepada Farelino bedanya sampah organik dan non organik. Farelino pun mengerti bedanya sampah organik dan non organik. Lalu Farelino pun membuang sampah plastik ke sampah non organik.
      "Jangan malu bertanya kepada orang lain jika kita tidak mengerti atau tidak mengetahui." Pesan Penulis.

6. RAFI AKRAM ARYANDI

Cara Mengolah Sampah

           Pada suatu hari, ada seorang anak yang bernama Devin. Dia sekolah di SD Waskito. Kadang Devin melihat temannya membuang sampah sembarangan. Lalu, Devin menyuruh temannya untuk membuang sampah pada tempatnya agar terlihat bersih, karena kebersihan adalah suatu bagian dari iman.
           Waktu itu, Devin sedang main fitsal bersama Eel. Namun, saat itu lapangan sangat kotor, banyak sampah botol plastik. Lalu, mereka membuang sampah plastik itu ke tong sampah an organik karena plastik adalah sampah an organik.
           Sebenarnya sampah ada dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah non organik. Sampah non organik seperti botol plastik dan kardus. Sampah non organik bisa dibuat menjadi kerajinan tangan dan lain-lain. Sedangkan sampah organik seperti dedaunan dan kertas dapat diolah kembali menjadi lebih berguna. Material-material sampah tersebut diolah dalam proses pengomposan yang dilakukan melalui proses biologis.

7. DELLA  AYU  ANDANI
Membuang Sampah Pada Tempatnya
\

      Ada satu anak yang bernama Queen dan temanya sedang bermain sepeda. Dia bertemu tong sampah yang sampah nya banyak yang keluar-luar. Ia membersihkannya karena di dalam tong sampah itu kosong melompong dan..... esokan harinya diadakan gotong-royong bersama warga sekitar, dari anak kecil pun ikutan. Setelah selasai Queen bermain sepeda lagi bersama teman-temannya yang bernama kalifa, kanaya, arsila, dela, zamora, mea, lesha dan yang terakhir nara. Queen menemukan teman nya yang laki sedang bermain layangan  dan membuang sampah sembarangan. 

laki : yey.... aku bisa main layangan bareng bareng   brrr.....
queen : heyyy... kamu enggak boleh membuang sampah sembarangan. liat itu ada anak kecil dia sedang makan tapi dia tidak membuat sampah sembarang. lahh... kamu kok membuang sampah sembarangan?
laki : iya-iya iyaa..... tapi bohong hahaha.......
queen : apaan sih kamu? dunia harus dijaga tau? 
laki : iya-iya bawel. kenapa sih kita harus buang sampah di tempat nya?
qeuun : iya, untuk tidak banjir, tidak bau, tidak harus tanaman mati dan dll nya
laki : ohh oke
quenn : Kita harus menjaga dunia agar bersih dan enak dilihat. Kita harus bersih. Kalian yang ada di rumah cepet liat depan rumah kalian pasti ada yang diperbaiki kan 
temen nya : iyaa....
quenn :  kataku sih harus banget bersih gitu ya teman-teman
quenn dan temen nya sudah selesai bermain dan mereka pulang bersama. 

emang sahabat sejati enggak bisa dijauhkan ya... Siapa yang sering buang sampah sembarangan? jangan di ikutin lagi ya....nanti di daerahmu bisa banjir dan yang aku kasih tahu di atas ya 
assalamualaikum wabarokatuh
bye-bye kapan-kapan kita ketemu lagi

6 komentar:

  1. Wah, keren sekali anak-anak. Semoga dengan ini, bisa melatih kemampuan anak-anak dalam menulis.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah keren-keren semua cerita anak-anak hebat ❤❤❤ suka banget. Semoga suatu saat kalian bisa menjadi penulis-penulis yg hebat.😍😍😍

    BalasHapus
  3. Semoga ke depannya anak anak akan semakin menyukai bidang kebahasaan yang bisa menjadi modal besar untuk mereka memahami setiap pengetahuan yang mereka butuhkan kelak.. aamiin.. kelas 5B kalian hebat..

    BalasHapus
  4. Semoga hasil karya ya berasil semua amin dan semangat untuk semuanya kelas 5b dalam membuat karangannya

    BalasHapus
  5. Masya Allah Kaka dan temen2 semua anak2 Kelas 5B, semoga semakin semangat untuk terus belajar

    BalasHapus

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...