Rabu, 16 Agustus 2023


Tema    : Menulis Buku Ajar

Resume : 22

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Senin, 14 Agustus 2023

Narasumber  : Dr.Mudafiatun Isriyah, M.Pd

Moderator     : Sigid PN, SH.


Hal apa yang menjadi bagian dari guru yang tidak bisa terpisahkan?

Yaa... Buku Ajar

Siapa yang paling mengetahui karakter siswa kita?

Kelebihan dan kekurangannya?

Tentu saja kita sendiri, gurunya.

Lantas mengapa buku ajar yang kita miliki notabene dibuat oleh pihak lain bukan kita gurunya sendiri.

Kalimat pengantar yang memotivasi dan membuka wawasan tentang bahan ajar yang idealnya dibuat oleh guru pengampu pelajaran tersebut. Bersama Narasumber luar biasa, peraih nominasi buku  perpusnas terbaik nasional Ibu Dr.Mudafiatun Isriyah, M.Pd yang dimoderatori oleh Bapak Sigid PN, SH. malam ini akan membahas "Menulis Buku Ajar"

Buku ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis ataupun tidak tertulis.

Jenis-Jenis Buku Ajar:

1.    Buku Ajar Buku pegangan untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah pembelajaran (sesuai Rencana Pembelajaran) serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan.

2.    Buku Modul

Buku dalam bentuk modul-modul terpisah sesuai dengan pokok bahasan, disusun berdasarkan rancangan pembelajaran dan disebarluaskan kepada mahasiswa untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

3.    Diktat

Buku untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pengajar matakuliah tersebut, mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebarluaskan kepada peserta kuliah.

4.    Petunjuk Pratikum

Buku pedoman pelaksanaan praktikum yang berisi tata cara, persiapan, pelaksanaan, analisis data pelaporan, ditulis oleh dosen atau tim dosen yang menangani kegiatan praktikum dan ditulis dengan kaidah-kaidah tulisan.

5.    Naskah Tutorial

Bahan rujukan untuk kegiatan tutorial suatu mata kuliah yang disusun/ditulis oleh pengajar mata kuliah atau tim pelaksana tutorial dan ditulis dengan kaidah tulisan ilmiah.

 

Tiga Cara Penulisan Buku Ajar : 


1.    PENATAAN  INFORMASI (compilation text) :  Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun.

2.    PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging) : Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS.

3.    MENULIS SENDIRI (starting from scratch) : Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.


Buku Hasil Penelitian/Pemikiran terdiri dari:


1. BUKU REFERENSI

    Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipubikasikan dalam bentuk buku yang substansi,  pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi.

2. MONOGRAF

    Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang membahas hanya pada satu hal saja pada suatu bidang ilmu.

 

Ada beberapa perbedaan antara BUKU AJAR dan BUKU TEKS, yaitu:

BUKU AJAR pada umumnya:

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mahasiswa

2. Menjelaskan tujuan pembelajaran

3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel

4. Strukturnya berdasrkan kompetensi yang akan dicapai

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa

6. Selalu memberikan rangkuman

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa

10. Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar 


BUKU TEKS pada umumnya:

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran

3. Disusun secara linier

4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (konten)

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa

6. Belum tentu ada rangkuman

7. Dikemas untuk dijual secara umum

8. Materi buku teks sangat umum

9. Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai

10. Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.


Dalam penulisan buku ajar hal yang terpenting adalah:

1.  Tentukan Tujuan dan Sasaran:

Pahami tujuan dan sasaran dari buku ajar yang ingin di buat. Apakah buku ini akan digunakan untuk mengajar mata pelajaran tertentu, mengajarkan keterampilan khusus, atau mendukung metode pembelajaran tertentu?

2.  Riset dan Konten:

Kumpulkan materi pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam buku ajar. Ini dapat berupa teks, ilustrasi, grafik, contoh, latihan, dan lain sebagainya. Pastikan konten yang disertakan akurat, relevan, dan sesuai dengan kurikulum atau standar yang berlaku.

3.  Struktur dan Penyusunan:

Rencanakan struktur buku ajar. Bagi konten menjadi bab atau bagian yang terorganisir dengan baik. Pertimbangkan konsep yang disajikan. Menurut Prof Eko tulisan mengandung prose 5W 1 H

4.  Desain dan Tata Letak:

Pertimbangkan desain visual buku ajar. Biasanya ini diserahkan pd penerbit ya

5.  Gaya Penulisan:

Pilih gaya penulisan yang sesuai dengan target audiens. Gunakan bahasa yang jelas, lugas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah yang terlalu teknis jika buku ajar ditujukan untuk guru dan siswa  dari berbagai latar belakang.

6.  Mulai menulis:

Dengan melibatkan guru yang lain, bisa diskusi, studi kasus, atau latihan praktis untuk mengaplikasikan konsep yang diajarkan.

7.  Review dan Uji Coba:

Sebelum menerbitkan buku, mintalah umpan balik dari rekan guru atau ahli pendidikan. Uji coba buku di kelas atau dalam kelompok fokus untuk mengidentifikasi potensi perbaikan.

8.  Legalitas:

Uji Plagiasi, memiliki izin atau lisensi yang diperlukan untuk menggunakan materi sendiri. Ini termasuk gambar, ilustrasi, kutipan, dan lain-lain.

9.  Penerbitan:

Pilih opsi penerbitan   ingin menerbitkan buku dalam bentuk cetak atau digital. di sini sdh ada beberapa penerbit seperti OASE

10. Media Pendukung (Opsional):

Buku ajar modern juga dapat didukung oleh media online, seperti situs web pendukung, video pembelajaran, atau platform pembelajaran digital. Ini dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengguna.


Bimbingan teknis malam ini sungguh luar biasa. Tidak ada kata terlambat untuk selalu belajar. Semangat menjadi pembelajar sepanjang hayat. Semangat untuk membuat buku ajar di bawah bimbingan penulis hebat Indonesia KBMN PGRI yang digawangi bapak blogger Indonesia, OmJay




Salam Literasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...