Sabtu, 19 Agustus 2023

Tema    : Menulis Biografi

Resume : 23

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Jumat, 18 Agustus 2023

Narasumber  : Lely Suryani, S.Pd.SD

Moderator     : Gina Dwi Septiani, S.Pd., M.Pd.

Pertemuan malam ini berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Bersama narasumber Lely Suryani, S.Pd.SD membuka pertemuan dengan langsung mengajak interaktif para peserta untuk berliterasi melalui melintas.id dalam menemukan cepat materi tentang biografi. 

Pertanyaan pemantik dari narasumber melalui blog pribadinya tentang:

1. Apa yang dimaksud dengan biografi?

2. Apa yang dimaksud dengan autobiografi?

3. Berapa usia OmJay?

4. Siapa nama guru OmJay?

5. Apa motivasi Anda mengikuti Kelas Belajar Nusantara?

Melalui pertanyaan pemantik ini, kita diajak untuk berliterasi tentang menulis biografi dengan efektif, mudah, dan cepat. 

Arti Biografi

Arti dari biografi adalah tulisan tentang kehidupan. Menurut WJ.S Poerwadarminta dalam buku Kamus Umum Bahasa Indonesia, biografi berarti riwayat hidup, sedangkan menurut KBBI daring, biografi adalah tulisan tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain. Adapun riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh orang yang bersangkutan disebut Autobiografi.

Manfaat Menulis Biografi

Karena biografi adalah riwayat hidup seseorang yang merupakan tokoh, panutan dan memiliki prestasi yang lebih dari orang-orang kebanyakan, maka manfaat dari menulis biografi adalah:

1. Sebagai inspirasi 

Berkaitan dengan tokoh yang ditulis, setelah diketahui dari awal hingga pencapaianya, itu semua butuh perjuangan. Memerlukan kerja keras dan pengorbanan.

2. Sebagai motivasi.

Dengan menulis biografi seorang tokoh  bisa untuk memotivasi diri, agar lebih kuat lagi berusaha agar bisa sukses.

Ciri-ciri biografi

Biografi adalah tulisan mengenai perjalanan hidup seseorang. Selain itu, biografi ditulis berdasarkan sumber yang nyata atau fakta terjadi. Maka dari itu biografi  menggunakan Bahasa Indonesia yang baku. 

1.    Dari segi isi tulisan, biografi ditulis mulai dari perjalanan semasa kecil, masa dewasa, kisah asmara dan pencapaian atau keberhasilan yang bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain/ pembaca.

2.    Dari segi motivasi, diharapkan memberikan dampak positif bagi pembaca, karena didalam biografi tersaji dengan detail dan jelas mengenai perjuangan hingga  keberhasilan tokohnya.

Struktur Biografi

1. Orientasi. Berisi tentang kisah yang memberikan informasi tentang latar belakang kisah/peristiwa, juga berkaitan dengan kapan, siapa, dimana dan bagaimana.

2. Peristiwa penting (important event, record of event). Berisi tentang rangkaian  peristiwa  yang disusun secara urut sesuai waktu atau kronologisnya yang meliputi peristiwa-peristiwa penting sang tokoh.

3. Reorientasi. Berisi  kesimpulan dari peristiwa yang dialami oleh tokohnya. Namun, untuk struktur ini, sifatnya tidak wajib. Artinya, boleh digunakan atau boleh tidak digunakan pada penulisan biografi.

Cara menulis biografi secara efektif

1. Memilih dan menetapkan tokoh yang akan ditulis riwayat hidupnya.

2. Meminta izin kepada tokoh yang dimaksud dan/atau kepada keluarga dekatnya. Hal ini penting dilakukan agar memudahkan penulisan, juga menjunjung tinggi nilai etika.

3. Mencari dan mengumpulkan  sumber data. Dalam  hal mencari dan mengumpulkan sumber data tentang tokoh yang akan ditulisnya, sumber data harus benar-benar valid dan mengetahui perjalanan hidup sang tokoh secara lengkap dan pasti.

4. Segera menyusun tulisan. Setelah  data terkumpul lengkap, segera susun tulisan berurutan sesuai waktu. Misalnya, dimulai dari masa kecil, kemudian masa sekolah hingga keberhasilan-keberhasilannya.

5. Komunikasi intensif. Agar hasil tulisan sesuai harapan dan kesepakatan, maka lakukanlah komunikasi secara terus menerus pada setiap bagian-bagiannya. Jadi, setiap bagian biografi harus dipastikan mendapat persetujuan dari tokoh atau keluarga dekatnya. Jika ada bagian yang tidak diperkenankan, penulis harus mengubah atau menghapusnya.

6. Finishing. Pada kegiatan finishing, jika sebuah biografi secara keseluruhan sudah selesai dan di-acc oleh tokohnya, maka selanjutnya adalah pembenahan dan melakukan pemeriksaan kembali keseluruhan buku dari awal hingga akhir.

7. Cetak dalam bentuk buku atau ebook. Karena buku biografi bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi serta menyebarkan kebaikan-kebaikan tokoh maka perlu adanya publikasi. Publikasi bisa berbentuk buku yang dicetak atau mengikuti perkembangan teknologi dalam bentuk ebook.

Pada sesi akhir, narasumber berpesan agar kita yang ingin menjadi penulis seharusnya untuk memaksimalkan potensi diri, karena yang mengetahui kelebihan dan kekurangan diri adalah diri sendiri. Jadikan kekurangan menjadi kelebihan agar tidak berpotensi menjadi kendala. Selanjutnya bergiatlah mengikuti event-event menulis. Berkumpullah dengan komunitas yang sehati agar selalu termotivasi untuk menulis.

Menulislah dengan hati agar hasilnya berarti


Salam Literasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...