Sabtu, 22 Juli 2023

MPLS SD Waskito 2023/2024

 



Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Waskito
Tahun Pelajaran 2023/2024

     Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan kegiatan rutin sekolah yang diterapkan pada awal tahun ajaran baru. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi, semangat, cara belajar efektif, dan tentunya mengenal lingkungan sekolah bagi peserta didik yang baru bergabung. Selain itu, tujuan MPLS untuk menumbuhkan perilaku positif, jujur, mandiri, menghargai, menghormati keberagaman dan persatuan, serta hidup bersih dan sehat.

    MPLS SD Waskito dilaksanakan mulai tanggal 17-20 Juli 2023 untuk peserta didik kelas I, sedangkan tanggal 20-21 Juli 2023 untuk kelas II sampai VI.  Umumnya MPLS merupakan penyambutan peserta didik baru untuk lebih mengenal kondisi lingkungan dan budaya sekolah. Tetapi kegiatan ini tidak menutup untuk kelas lanjutannya. Hal ini berdasar pada siswa yang naik kelas akan beradaptasi dengan kondisi kelas, wali kelas, budaya yang berbeda, bahkan mungkin ada teman baru juga. 

Mengutip dari situs resmi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ada beberapa kegiatan MPLS, yaitu:
1. Pengenalan program sekolah
2. Pengenalan cara belajar di sekolah
3. Pengenalan konsep diri
4. Pembinaan awal kultur sekolah
5. Pengenalan sarana dan prasarana sekolah

Keseruan dan antusias peserta didik baru dalam mengikuti MPLS sangat terlihat pada hari pertama datang ke sekolah. Siswa kelas I yang nota bene masih memerlukan pendampingan orang tua tidak terlihat pada hari pertama. Siswa-siswi yang datang ke sekolah dengan berani dan ceria hanya diantar sampai batas pengantar. Mereka dengan senyum dan berlari kecil menuju kelas yang disambut oleh Kepala Sekolah dan jajaran dewan guru. Keberanian dan keceriaan siswa-siswi merupakan indikator untuk proses pembelajaran yang diharapakan sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

     Tak kalah menariknya, kegiatan MPLS yang dilaksanakan dari kelas II sampai VI.  Khususnya di kelas VB yang digawangi oleh Kenzie sebagai ketua kelas, di hari pertama MPLS melakukan kegiatan seru tentang pengenalan konsep diri. Satu persatu siswa mengungkapkan arti nama sesuai dengan awal hurufnya kemudian menyebutkan alat transportasi yang disukai dan makna dari pilihan transportasi tersebut. Ada yang memaknai awal huruf namanya dengan Cantik karena namanya berawal huruf C. Ada juga Kerja keras, Sopan, Delapan belas, dan sebagainya. Begitu memaknainya para siswa akan awal huruf namanya dan menghubungkannya dengan doa dan cita-cita yang akan dicapai di masa depan.

     Pada sesi pilihan transportasi, siswa masih menghubungan dengan "filosofi" (sesuai pemahaman siswa) dan hobinya. Ada yang memilih sepeda karena hobinya sepeda dan mengartikan dengan sepeda merupakan alat transportasi yang sehat dan tidak menimbulkan polusi. Ada yang memilih pesawat jet, pesawat tempur, bahkan ada yang memilih busway dengan filosofi bisa membawa semua anggota keluarga untuk bisa keliling kota. Sebagai wali kelas, begitu speechless melihat perkembangan siswa VB. Begitu hebat daya nalar dan kemampuan mereka.

      Pada hari kedua, siswa kelas VB berdiskusi tentang kesepakatan kelas. Berawal dari kondisi dan suasana kelas yang diingankan dalam proses pembelajaran, mereka memberikan pendapat untuk mewujudkan kelas yang diinginkan tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berpihak pada murid. Selain mereka akan bertanggung jawab terhadap kelasnya, kegiatan ini juga menumbuhkan kepemimpinan murid. Kesepakatan kelas yang sudah terbentuk merupakan rambu-rambu pengingat jika mereka melakukan hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan.
 
Para siswa menuliskan sikap di stciky note dan menempelkannya sebagai kesepakatan kelas.


Selamat belajar, tumbuhan potensi-potensi yang ada dalam diri agar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Semangat mengikuti proses pembelajaran selama di kelas VB. Jadikan diri sebagai siswa yang bernilai, sopan, mandiri, kreatif, bernalar kritis, dan tentunya beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

5B is the best

Salam Literasi
  


 

7 komentar:

  1. Kereeen b Maryam...... semangat terus berkarya

    BalasHapus
  2. Semakin bersemangat untuk menulis

    BalasHapus
  3. wah blognya sangat lengakp informasinya, saya sangat senang mengikuti mpls nya bu maryam..

    BalasHapus
  4. MPLS di waskito dilaksanakan pd tanggal 17-20 untuk kelas 1, dan pada tanggal 20-21 untuk kelas 2-6.
    Untuk kelas Vb hari pertama ttg transportasi,bagaimana kami bercerita apa kendaraan favorit.
    Dan hari ke 2 kelas VB membuat perjanjian kelas yg kami sepakati bersama.

    BalasHapus
  5. bagus blognya b Maryam,aku senang belajar dengan ibu Maryam.

    BalasHapus

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...