Rabu, 30 Agustus 2023


Tema    : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Resume : 28

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Senin, 28 Agustus 2023

Narasumber  : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr

Moderator     : Purbaniasita Kusumaning Sedya, S.Pd


Sejalan dengan teknologi digitalisasi yang semakin berkembang, banyak media yang dapat kita gunakan untuk beragam kebutuhan. Blog singkatan dari WeBlog adalah jenis situs web yang menyerupai tulisan- tulisan pada halaman web. Biasanya digunakan untuk menulis beragam tema, promosi, dan sebagainya.

Bisakah blog digunakan sebagai hal lain? Jawabnya BISA.

Narasumber kali ini adalah seorang guru TIK, pegiat literasi, pendongeng, blogger, MC dan aktivis masyarakat. Beliau adalah Bapak Bambang Purwanto, S. Kom.,  Gr., CPS atau lebih dikenal dengan nama Mr. Bams. Orang bilang tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, supaya kita lebih mengenal dan sayang pada Mr. Bams, marilah kita intip profil beliau yang luar biasa ini melalui link

https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto/

Hasil karya Mr. Bams yg luar biasa hasil pemanfaatan Blog berjudul  Hasil Refleksi Diri yang saat ini digunakan untuk siswa SMP di tempat Mr.Bams mengabdi bisa berkunjung ke link 

https://penamrbams.id/poin-refleksi-diri-kelas-7a-smp-taruna-bakti-bandung-semester-ganjil-ta-2023-2024/

Hal yang manarik justru ketika menjadikan blog sebagai media untuk mendokumentasikan tulisan-tulisan. Blog yang kita gunakan sesungguhnya bisa membantu dalam proses pembelajaran. Profesi guru yang kita emban ini adalah profesi utama yang sangat mulia. Blog bisa diisi dengan materi yang kita ajarkan kepada siswa kita di kelas. 

Sebelum menjadi website sekarang, penamrbams.id merupakan blog yang bernama bepenamrbams.wordpress.com. Pada tanggal 27 April 2020 dalam suasana Covid-19 lahirlah www.penamrbams.id. Hobi menulis memang sangat pas, bila memiliki blog atau website. Kita sangatlah leluasa mau menyimpan tulisan apapun, karena blog atau website milik sendiri. Bahkan penamrbams.id pernah membantu pelaksanaan Kelas Menulis sehingga banyak dikunjungi. Berikut tampilan blog sebagai media pembelajaran pada SMP Taruna Bakti:



Refleksi Diri Siswa

Pada saat akhir pembelajaran setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa dan apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

Manfaat Menulis Refleksi

Bagi Siswa

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran 

Bagi Guru

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya

4. Alat ukur kedisiplan

Banyak hal-hal yang menarik yang kadang bisa membuat tersenyum, senang, bahagia bahkan kadang terharu ketika membaca refleksi dari siswa. Siswa juga bisa muncul rasa empati kepada gurunya. Melalui pemanfaatan blog, komunikasi antarsiswa dan guru akan semakin erat. Saling membangun dan memotivasi untuk memperbaiki secara berkelanjutan.

Yuk...guru milenial saatnya kita memberdayakan pemanfaatan digital dalam proses pembelajaran.


Salam Literasi 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...