Rabu, 12 Juli 2023


 Tema    : KOMITMEN MENULIS di BLOG

Resume : 8

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Rabu, 12 Juli 2023

Narasumber  : Drs. DEDI DWITAGAMA, M.Si

Moderator     : DAIL MA'RUF, M.Pd


Materi malam ini tentang Komitmen Menulis di Blog mengingatkan saya akan pertemuan ke-5 bersama Pak Dail yang kali ini Beliau membersamai Pak Dedi Dwitagama, M.Si sebagai narasumbernya. Pada era modern ini, Blog memang menjadi media yang penting karena bisa sebagai media pembelajaran yang efektif dan kontekstual, sebagai media menulis untuk menuangkan ide dan gagasan,  dan sebagai rumah digital yang bebas diisi suka-suka kita.

Lalu bagaimana agar blog/rumah kita  terlihat 'ramai' dan 'hangat'?. Tentunya dengan berkomitmen untuk menjaganya agar blog kita terhindar dari sarang laba-laba.  Pak Dedi memberikan trik dan teknik untuk menjaga blog ini melalui diskusi yang bermakna dan mendalam bersama peserta KBMN 29. 

Diskusi diawali dengan kata kunci yaitu Komitmen agar kita selalu aktif dan produktif. Karena Komitmen ini sangat dibutuhkan untuk perbuatan yang dilakukan dalam tempo panjang. Dengan komitmen inilah menjadi titik fokus untuk semua kegiatan kita yang berkaitan dengan menulis di blog. 

Ada beberapa point diskusi malam ini untuk berkomitmen menulis di blog :

  • Cara menumbuhkan semangat menulis di blog dengan menulis yang bertemakan suka-suka kita. Maka dengan tema tersebut kita akan mengetahui viewer terbanyak dari tulisan-tulisan. Setelah mengetahui viewer, komitmen kitalah yang akan menentukan apakah kita menulis tetap sesuai tema atau mengikuti viewer terbanyak.
  • Untuk mendatangkan banyak viewer di blog yaitu dengan cara mengunjungi blog lain dan memberikan komentar. Maka ketika blog kita mendapat komentar dari blog lain, selayaknya kita memberi balasan komentar pada blog tersebut. Cara lain adalah dengan menuliskan judul dengan kata-kata kunci yang banyak dicari di google. Dengan kata kunci tersebut maka blog kita akan muncul dalam daftar kata-kata pencarian.
  • Strategi terbaik untuk menarik perhatian pembaca di blog  dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui google atau AI. Konten-konten yang dibuat dengan kata yang banyak dicari akan menjadi kunci untuk blog kita. Komitmen inilah yang dibutuhkan agar terus menulis di blog.
  • Trik membuat kata kunci di judul dengan menumbuhkan ide dasar. Jika belum mendapatkan ide dasar ini, kita bisa menuliskan isi konten terlebih dahulu. Dengan berkomitmen melatih menulis, dalam jangka waktu 3 bulan dengan sendirinya ide dasar untuk menentukan kata kunci dalam judul akan tumbuh.
  • Untuk mengelola semangat menulis dengan tidak mementingkan perasaan semangat itu sendiri. Akan tetapi, komitmen menulis inilah yang tidak terbatas pada ruang, waktu, dan suasana. Ide tulisan akan timbul ketika kita sudah berkomitmen untuk menulis.

Beberapa point tersebut menjadi penting untuk selalu berkomitmen menghidupkan blog kita dengan menulis. Maka ketika sudah berkomitmen, hasil yang akan diperoleh sesuai dengan usaha. Tidak ada kata minder atau masih terbelakang dalam menulis. Justru hal-hal menarik bisa jadi tumbuh dari hal yang terbelakang tersebut.

Pertemuan malam ini menjadi sangat berbeda karena secara tidak langsung kita dicoaching oleh Pak Dedi. Peserta  KBMN, khususnya saya memahami bagaimana kita bisa menemukan kendala-kendala dalam menulis sekaligus menemukan jawabannya. Tulislah hal-hal yang kita suka, berhenti ketika kita kehilangan ide, dan komitmenlah dalam berbagai situasi untuk menulis.  Seperti kata penutup dari Pak Dedi, "Lakukan hal yang anda suka, jika itu kebaikan maka kebaikan itu akan datang kepada kita."

Selamat Berkomitmen

Salam Literasi



 

4 komentar:

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...