Jumat, 30 Juni 2023


 Tema    : Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id

Judul    :  Berkarya Melalui Melintas.id

Resume : 6

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Jumat, 30 Juni 2023

Narasumber  : Raymundus Bryan Prasetyawan, S.Pd

Moderator     : Arofiah Afifi, S.Pd.


Melintas.id merupakan media literasi nusantara semaja, menyajikan berita terbaru, terkini, dan terupdate. Merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan promedia. Web ini berisi tentang pendidikan, sastra, parenting, news, religi, sekolah, ragam, olahraga, opini, literasi, video, dan foto. Pada kolom literasi, dikatakan bahwa media Melintas.id merupakan hasil kolaborasi dari tim solid Omjay yang merupakan alumni KBMN PGRI dengan harapan semakin banyak yang suka menulis dapat mengembangkan potensi menulisnya di Melintas.id.

Malam ini kami akan belajar bagaimana teknik menulis untuk Melintas. id langsung dengan Pemimpin redaksi Melintas.id, Bapak Raymundus Bryan Prasetyawan, S.Pd dengan moderator Ibu Arofiah. Pak Raymundus merupakan guru muda dengan segudang prestasi. Puluhan tulisannya sudah dimuat di berbagai media cetak. Sebagian besar dimuat di  Tabloid Bola, Harian Bola, Tabloid Soccer. Ada juga yang dimuat di Harian Kompas, Kedaulatan Rakyat, Warta Kota, Media Indonesia, dan Majalah Hidup. 

Mengutip dari moderator, Apakah Melintas.id sama dengan blog? Melintas.id merupakan portal berita online. Untuk bisa menulis di Melintas.id harus mengikuti ketentuan yang berlaku.  Beberapa ketentuan menulis di Melintas.id harus memenuhi kriteria berikut:
  • Pemilihan rubrik dan gaya penulisan
  • Isi artikel tidak membawa unsur SARA, Pornograsi, Kebencian, Hoax, dan Fitnah
  • Netralitas dan Integritas di Melintas.id
  • Bahasa dan penulisan yang sesuai
  • Tidak memberikan hal negatif sesama jurnalis atau konten kreatif
  • Plagirisme dan sumber artikel
  • Mengikuti ketentuan promedia teknologi dan menerapkan SEO
  • Sastra: Cerbung (cerita bersambung)
  • Bersedia mengikuti ketentuan dari Melintas.id
Sesuai dengan tujuan, Melintas.id memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Menulis di melintas.id memberi pengalaman dan wawasan baru tentang menulis. Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya. Seperti  tulisan sastra yaitu puisi, cerpen, pentigraf, dll. harus ada paragraf pembuka dengan isi kalimat berita sebelum tulisan puisi/cerpennya

Selain itu, Media Online KBMN PGRI ini juga akan menjadi sarana untuk memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah atau institusi pendidikan yang tergabung dalam KBMN PGRI.  Dengan demikian melintas.id ini dapat menjadi media online yang aktif dan produktif dengan menghasilkan konten-konten tulisan orisinal, bermutu, dan dicari banyak orang. 

Melintas.id Sebagai media online sekelas Suara Merdeka dan Jawa Pos memberikan kesempatan menulis dengan 2 kategori penulis, yaitu 1) Penulis Lepas; penulis yang tidak tergabung di grup melintas. 2) Penulis  Tetap; penulis yang tergabung di grup melintas dengan mengikuti aturan dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan. Penulis tetap ini memiliki jenjang menulis yaitu sebagai Calon Conten Creator (CCC), Conten Creator (Contributor), dan Author yang merupakan jenjang tertinggi yang harus menghasilkan 20 tulisan dalam sebulan. Media online ini terbuka untuk siapa pun yang ingin mengembangkan menulis. Dengan mengisi link di Melintas.id maka akan menjadi penulis tetap (Calon CC)  dengan berkomitmen menulis setiap hari. Jika tidak bisa berkomitmen, disarankan menjadi penulis lepas.

Jika sudah tergabung menjadi penulis tetap di Melintas.id, penulis harus menulis dalam bentuk word dan mengirim ke google form. Mengapa demikian? Melintas.id berbeda dengan menulis di blog. Penulis Melintas.id tidak memiliki akun akses menulis langsung, tetapi harus melalui editor dan tim redaksi. Ada tata cara menulis di melintas.id yaitu Tulisan yang sudah dalam bentuk word lalu mendownload format file word. Kemudian isi seluruh kolom tabel yang disediakan, baru menulis isi tulisan. setelah selesai, baru kirim ke link form. Tulisan yang masuk akan dicek oleh editor dengan batas toleransi minimal 30% plagiarisme. Harus ada gambar yang berasal dari dokumentasi pribadi, medsos tokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis, dan panjang tulisan minimal 350 kata. maksimal 800 kata.

Menjadi tantangan sendiri dengan mengembangkan kompetensi menulis bersama Melintas.id. Komitmen dan disiplin menjadi hal yang utama agar bisa menjadi kategori penulis tetap. Menjaga komitmen ini dengan mempunyai bahan menulis agar dapat menulis setiap hari. Tentunya tulisan-tulisan harus sesuai dengan standar Melintas.id. Berlatih dan terus berlatih agar tulisan kita memiliki kualitas dan genre tersendiri.

Melesat Tanpa Batas bersama Melintas.id

Salam Literasi  




5 komentar:

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...