Selasa, 17 Oktober 2023




Mengenal Kelistrikan, Kegiatan Outing Class SD Waskito 
ke PT PLN UP 3 Ciputat, Tangerang Selatan

        Salah satu program kegiatan SD Waskito adalah pembelajaran secara kontekstual dengan kegiatan outing class. Outing Class ini bertujuan untuk menggali pengalaman baru di luar lingkungan sekolah. Outing class ini merupakan media pembelajaran yang efektif dalam menyampaikan pembelajaran yang bukan didasarkan teori saja tapi juga pembuktian di lapangan secara langsung.
        Kegiatan outing class ini dilaksanakan oleh kelas V SD Waskito pada hari Selasa, 17 Oktober 2023. Sejumlah 51 siswa dan dua guru pembimbing mengunjungi PT PLN UP 3 Ciputat yang beralamat di Jalan RE Martadinata KM 27, Ciputat, Pamulang Timur, Kota Tangerang Selatan. Tujuan kegiatan kunjungan ini selain mengenal energi listrik dan manfaatnya juga mengetahui proses penyaluran energi listrik dari pembangkit ke rumah.
        Kegiatan dimulai mulai pukul 08.00 WIB dengan serangkaian acara yang menarik dan interaktif. Para siswa mendapat pemahaman tentang Safety briefing oleh PIC K3, materi pengenalan PLN, dan yang paling seru kunjungan lapangan ke turjasi dan gardu. Pada materi pengenalan PLN ditayangkan video tentang dari mana energi listrik itu ada sampai bisa dirasakan manfaatnya dalam kebutuhan sehari-hari, video tentang KWH, gardu, jaringan tegangan, dan cara mengatasi  ketika terjadi banjir dan kebakaran.
        Acara semakin seru dengan adanya tanya jawab dan kuis tentang listrik. Beberapa siswa yang berani menjawab dan bertanya mendapat hadiah menarik dari PLN. Siswa sangat antusias dan bergembira mengikuti acara sampai ada beberapa siswa yang mendapat hadiah lebih dari dua. 



        Pada materi kunjungan lapangan, siswa dibagi menjadi 5 kelompok dengan dua pembimbing dari pertugas PLN. Para siswa mengunjungi gardu dan mengenal secara langsung macam-macam gardu dan isi ruangan gardu. Secara bergiliran, setelah mengunjungi gardu mereka mengunjungi ruangan Turjasi. Ruangan ini merupakan ruangan Pengatur Jaringan Distribusi di mana tempat kontrol jaringan menengah yang meliputi pembangkitan, transmisi, dan distribusi listrik kepada konsumen. Di ruangan ini, siswa bertanya banyak hal tentang arti warna titik dan area jaringan dan mengetahui secara langsung ketika masyarakat mengalami gangguan listik pada rumahnya.



        Dalam sambutannya, manajer PT PLN UP3 Ciputat, Bapak Syaiful Azhari Siregar menyampaikan tentang manfaat listrik dan bagaimana listrik bisa sampai ke rumah. "Anak-anak, listrik menjadi sumber utama bagi kehidupan. Listrik menjadi sumber bagi energi lampu, televisi, komputer, dan peralatan elektronik lainnya. Hal ini membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah dan nyaman. Ada yang tahu dari mana adanya listrik...?" di akhir sambutannya, Bapak Syaiful sangat senang dengan kedatangan siswa-siswa untuk mengetahui lebih dalam tentang listrik. Selain itu, melihat besarnya rasa ingin tahu siswa terhadap listrik dapat menjadi bibit generasi dalam bijak listrik di masa depan.

        Pada akhir kunjungan, pihak SD Waskito mengucapkan terima kasih kepada Ibu gebyar Lintang selaku pelaksana harian PT PLN yang sudah memfasilitasi kegiatan outing class SD Waskito, Bapak Harry kepala staff Turjasi, dan seluruh staff PLN yang begitu sabar dan humble dalam menemani dan menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari para siswa.  
        
        Harapannya dengan kegiatan outing class ini, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan dapat memupuk sikap kemandirian dan bernalar kritis pada diri setiap siswa.




Merdeka Belajar
Outing Class 2023

 

 





 

1 komentar:

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...