Sabtu, 14 Oktober 2023




 Mengapa Harus Mendaftar Guru Penggerak?

        Mengapa harus mendaftar Guru Penggerak? Apa yang akan didapatkan ketika mengikuti Pelatihan Guru Penggerak? Sejurus pertanyaan banyak  terlintas pada rekan-rekan guru. Tapi, tidak sedikit guru yang berjuang agar bisa mengikuti pelatihan guru penggerak.
      Sesuai dengan ketentuan Permendikbudristek Nomor 26 Tahun 2022 Tentang Guru Penggerak, maka guru penggerak adalah guru yang mampu mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah. Sehingga seorang guru penggerak bisa menggerakkan dirinya, muridnya, dan lingkungannya. 
Ada syarat-syarat menjadi Guru Penggerak, yaitu:
1. Berstatus sebagai guru
2. Memiliki pengalaman mengajar paling sedikit 5 tahun
3. Memiliki sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun
4. Terdaftar pada data pokok pendidikan kementrian (Dapodik)
5. Mendapat rekomendasi dari atasan
6. Tidak sedang terdaftar dalam program PPG, CPP, maupun instruktur
      Ketika mulai mendaftar Guru Penggerak, ada serangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai syarat kelulusan. Seperti mengisi curriculum vitae, mengupload kelengkapan dokumen, dan mengisi esai. Tahap selanjutnya adalah praktik mengajar dan wawancara. Setelah dinyatakan lulus banyak manfaat yang diperoleh ketika mengikuti pelatihan guru penggerak, seperti: Mendapatkan ilmu, teman, dan uang saku. Inilah enaknya menjadi calon guru penggerak Kemdikbudristek. Kita akan tergabung dengan kawan-kawan guru dari jenjang sekolah yang berbeda. Biasanya kalau ada kegiatan lokakarya akan dikelompokkan dengan guru yang jenjangnya sama. Tetapi, dalam pendidikan guru penggerak kita akan berkolaborasi dengan semua jenjang dan sekolah dengan ciri khusus masing-masing. Kolaborasi dan Belajar bersama ini dalam kegiatan daring dan luring.



  

Untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta, Kemendikbud mengembangkan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar pada tahun 2019. Kebijakan ini dicetuskan sebagai langkah awal melakukan lompatan di bidang pendidikan.

Tujuannya adalah mengubah pola pikir publik dan pemangku kepentingan pendidikan menjadi komunitas penggerak pendidikan. Filosofi “Merdeka Belajar” disarikan dari asas penciptaan manusia yang merdeka memilih jalan hidupnya dengan bekal akal, hati, dan jasad sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Yuk...menjadi guru yang tergerak, bisa bergerak, dan menggerakkan komunitas dalam mewujudkan "Merdeka Belajar"


Guru Bergerak, Indonesia Maju

# Yuk..daftar

Guru Penggerak angkatan 11  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...