Sabtu, 19 Agustus 2023


 Tema    : Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

Resume : 24

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Sabtu, 19 Agustus 2023

Narasumber  : Catur Nurrohman Oktavian, M.Pd

Moderator     : Yandri Novita Sari, S.Pd.


Malam ini bersama moderator Pak Catur Nurrohman Oktavian, M.Pd, redaktur pelaksana Majalah Suara Guru sekaligue bendahara PB PGRI yang akan membahas tentang cara agar tulisan kita dimuat di Majalah Suara Guru. Narasumber dibersamai oleh moderator Ibu Yandri dan TSO  memberikan materi melalui zoom meeting. 

Di awal pertemuan Pak Catur membuka wawasan guru dengan cara memberikan pertanyaan dan jawaban langsung dikirim ke  majalahsuaraguru@ gmail.com. Melalui Slide zoom meeting, Pak Catur memperkenalkan Majalah Suara Guru. 

Selayang Pandang Majalah Guru

Majalah Suara Guru diterbitkan oleh PGRI sejak tahun 1950. Majalah ini merupakan salah satu majalah yang membahas tentang dunia Pendidikan. Pada awalnya, Majalah suara Guru diterbitkan secara bulanan, tetapi untuk saat ini diterbitkan setiap dua bulan sekali (dwi bulanan). Tahun 2023 ini, Majalah Suara Guru akan diterbitkan edisi ke-5 di bulan September-Oktober dan edisi ke 6 terbit di bulan November-Desember.

 

Kantor redaksi majalah Suara Guru berada di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta Pusat. Tujuan awal didirikan Majalah Suara Guru adalah sebagai media komunikasi dan perjuangan, karena pada saat itu PGRI berdiri seratus hari setelah proklamasi, di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun seiring berkembangnya waktu, majalah Suara Guru dapat digunakan sebagai sarana atau media yang memuat tulisan para guru tentang pendidikan, kegiatan organisasi, dan risalah hasil kongres PGRI.

 
Tata Cara Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

Ada beberapa tata cara agar tulisan kita bisa dimuat di Majalah Suara Guru. Hal-hal yang harus diperhatikan seperti Peraturan tulisan yang dipilih terbit di Majalah Suara Guru:

1. Tidak plagiat

2. 600-700 kata untuk opini

3. Jenis huruf Time new roman ukuran 12

4. Tidak mengandung SARA

5. Tidak menyerang pribadi, ideologi 

6. Orisinil

7. Menulis praktik baik guru


Tips agar tulisan diterima oleh Majalah  Suara Guru yaitu:

1. Menarik, 

2. Berbeda, 

3. Aktual,

4. Berbeda dengan yang lain, judul menarik, singkat dan lugas tidak bertele-tele

5. Unik bukan hal yang umum

Bagi kita yang ingin mengirim tulisan ke Majalah Suara Guru sangat terbuka lebar karena kiriman berita tidak akan di tolak. Jika ingin berlangganan bisa menghubungi  bu Widya di 087882289299. Dengan harga majalah Rp.150.00 setahun belum ongkir. Harga ini sejak tahun 2017-sekarang tidak naik. 

Majalah  Suara Guru berlaku untuk umum dan tidak ada format  khusus. Dalam suara guru terdapat rubrik Opini, fiksi, oase, percik, universitas dan budaya. Di sini, Hidup matinya majalah tergantung para penulis dan pembaca. Penulis dan pembaca adalah darah yang mengaliri kehidupan majalah itu sendiri. Maka mari kita hidupkan majalah ini dengan berinteraktif melalui berlangganan.

 

Membacalah agar daya lenting dan daya lesat bangsa ini akan lebih hebat.

Salam Literasi


4 komentar:

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...