Jumat, 23 Juni 2023


 Tema    : Teknik Penulisan Resume

Judul    :  How to write a good resume?

Resume : 3

Gelombang    : 29

Hari, tanggal : Jumat, 23 Juni 2023

Narasumber  : Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd

Moderator     : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.


Alhamdulillah sudah fight sampai pertemuan ke-3 KBMN gelombang 29 ini. Tidak mudah bagi saya yang pemula untuk selalu konsisten menulis. Motivasi diri sangat kuat untuk selalu menulis yang tentunya harus diimbangi dengan disiplin diri. Dari motivasi dan disiplin inilah efikasi diri tumbuh untuk selalu mengikuti kegiatan yang hebat ini. 

Malam ini KBMN belajar bersama dengan Ibu Raliyanti yaitu seorang Teacher, Trainer, Blogger, Writer, Editor, Layouter, Book Cover Designer, dan Kurator yang akan berbagi ilmu tentang Teknik Penulisan Resume. Bagaimana cara menulis resume yang baik? Bagaimana agar terhindar dari plagiasi? Materi apa sajakah yang bisa dibuat resume?

Ibu Raliyanti langsung berbagi ilmu teknik penulisan resume diawali dengan pertanyan "Resume isinya apa saja?"  Terdapat beberapa format yang seharusnya ada dalam resume. Resume materi harus memuat informasi-informasi berikut: 1) judul materi dan narasumber 2) Ringkasan singkat tentang tema utama materi 3) Bagian-bagian dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume.

Lebih lanjut Ibu Raliyanti menjelaskan Bagaimana cara menulis resume dengan benar. Bahwa menulis resume yang benar adalah 1) Mengamati materi dan narasumber dengan baik. 2) Memodifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku. 3) Menghindari copy paste seluruh materi narasumber. 4) Mengembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related. 5) Memberikan simpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup. 6) Membuat resume dengan gaya bahasa sendiri agar tulisan memiliki seni yang khas.

Sampai topik ini, saya berefleksi diri, apakah materi resume dan cara menulis resume saya sudah sesuai standar? Ternyata masih banyak yang harus dipelajari dan dilatih agar kemampuan menulis ini berkembang. Harus percaya diri dalam menulis dan mulai menulis dengan beberapa paragraf. Itulah kalimat motivasi yang selalu saya ingat.

Beberapa motivasi dari Ibu Raliyanti juga disertakan dalam bentuk flayer:


 




Untuk menjadi penulis handal kita harus memupuk mental baja dalam menulis dengan cara menanamkan sikap percaya diri, siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan. Dan bangunlah tulisan di berbagai Blog karena dengan Blog tulisan kita akan lebih bervariatif. Membiasakan diri menulis di berbagai Blog memupuk mental kita menjadi reflektif dan adaptif terhadap segala perubahan yang terjadi. 

Sebagai penutup, Ibu Raliyanti memberikan pesan dan motivasi : Menulislah selagi kita punya keinginan untuk menulis. Jangan abaikan keinginan tersebut dengan menghukumnya dengan kata-kata tidak bisa, tidak mampu dan sejenisnya. Kapan kita harus menulis? Ya mulailah dari sekarang. Tulislah apa yang kita lihat, kita dengar dan tentunya kita pahami. Tuangkan apa yang ada dalam  pikiran kita dan biarkan ia mengalir ke mana saja. Belajar dan membaca akan semakin menambah kemampuan kita untuk menuangkan tulisan. Segera action, praktikkan dan jangan ragu. Semoga apa yang kita inginkan akan tercapai dan sukses selalu.

Materi malam ini sangat luar biasa. Mulailah dengan berkomitmen untuk menulis. Karena sejatinya Menulis merupakan ungkapan dalam bentuk kalimat. Semakin sering berlatih maka akan semakin terasah kemampuan kita. Akan semakin banyak ilmu pengetahuan yang kita dapat. Berselancarlah untuk mengarungi dunia dengan menulis. 

"Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak". -Ali bin Abi Thalib

 Salam Literasi

3 komentar:

  Sudah lama blog ini penuh dengan sarang laba-laba. tidak ada aktivitas menulis sejak beberapa bulan terakhir. Padahal dengan konsisten, ki...